PGP Jawa Barat Tahun 2024 "LK. Modul 1.2"
Oleh : Achdijat Supriady
LEMBAR KERJA MODUL 1.2
TUGAS 1. Pengecekan Mandiri Kompetensi Guru
LEMBAR ASESMEN MANDIRI
KOMPETENSI
GURU
Berikut ini adalah daftar kompetensi Guru. Silakan Bapak/ Ibu lakukan
pengecekan mandiri terhadap diri Bapak/ Ibu secara objektif. Tidak ada jawaban
benar dan salah dalam pengecekan mandiri ini. Pengecekan ini bertujuan untuk
memberikan gambaran tentang kemajuan pencapaian Anda dalam mengikuti Program
ini dan tidak ditujukan untuk
penilaian kinerja Anda ataupun penentuan kelulusan. Mohon jawab sesuai kondisi yang
sebenarnya dengan cara memberikan tanda silang (X) pada kolom angka yang paling
menggambarkan diri Bapak/ Ibu. Penilaian mandiri menggunakan skala 1-4.
Belum Dilakukan |
Mulai Dilakukan |
Sering Dilakukan |
Konsisten Dilakukan |
Praktik yang diharapkan belum dilakukan dalam
tiga bulan terakhir |
Praktik yang diharapkan sudah mulai dilakukan
setidaknya 1-2 kali dalam tiga bulan terakhir |
Praktik yang diharapkan sudah sering dilakukan
dan sudah memiliki jadwal yang rutin, hanya belum konsisten dilaksanakan |
Praktik yang diharapkan sudah konsisten
dilakukan sesuai jadwal yang dimiliki |
1 |
2 |
3 |
4 |
KATEGORI:
PENGEMBANGAN DIRI DAN ORANG LAIN |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Menunjukkan praktik pengembangan diri
berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi |
||||
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Mengembangkan
kompetensi warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran |
||||
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Berpartisipasi
aktif dalam jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah
untuk mengembangkan karier |
||||
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Menunjukkan
kematangan spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode
etik |
||||
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
KATEGORI: KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Memimpin
upaya pengembangan lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik |
||||
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Memimpin
perencanaan dan pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada peserta didik |
||||
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Memimpin
refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat pada peserta
didik |
||||
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Melibatkan
orang tua/wali peserta didik sebagai pendamping dan sumber belajar di sekolah |
||||
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
X |
|
|
|
KATEGORI: KEPEMIMPINAN MANAJEMEN SEKOLAH |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Mengembangkan dan mewujudkan visi
sekolah yang berorientasi pada peserta didik |
||||
|
X |
|
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Memimpin dan mengelola program sekolah
yang berdampak pada peserta didik |
||||
|
|
|
|
X |
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
KATEGORI:
KEPEMIMPINAN PENGEMBANGAN SEKOLAH |
||||
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Memimpin program pengembangan sekolah
untuk mengoptimalkan proses belajar peserta didik dan mendukung kebutuhan
masyarakat sekitar sekolah yang relevan |
||||
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
|
X |
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
Melibatkan orang tua/wali peserta didik
dan masyarakat dalam pengembangan sekolah |
||||
|
|
X |
|
|
|
|
X |
|
|
|
|
|
X |
|
TUGAS 2
Ceritakan pengalaman
Bapak/ Ibu dengan menjawab beberapa pertanyaan dibawah ini :
- Apa pengalaman belajar terbaik yang
dialami peserta didik anda pada kelas yang anda ampu?
Dalam
kelas yang saya ampu, salah satu pengalaman terbaik adalah ketika peserta didik
berhasil menyelesaikan proyek kolaboratif yang menantang. Mereka tidak hanya
belajar materi pelajaran, tetapi juga keterampilan kerja sama, komunikasi, dan
pemecahan masalah secara bekelompok. Pengalaman belajar terbaik sering kali
melibatkan momen di mana peserta didik merasa benar-benar terlibat dan
termotivasi.
- Apa yang membuat pembelajaran anda begitu
sukses?
Yang
saya rasakan, pembelajaran yang sukses yaitu pembelajaran yang didukung oleh
beberapa faktor yang sesuai dengan
kompetensi guru, diantaranya:
- Perencanaan
yang Matang.
Menyusun
rencana pelajaran yang jelas dan terstruktur, dengan tujuan pembelajaran yang
spesifik dan metode evaluasi yang tepat.
- Berpusat
pada Peserta didik.
Menggunakan
metode pengajaran yang melibatkan peserta didik secara aktif, seperti diskusi
kelompok, proyek kolaboratif, dan pembelajaran berbasis masalah.
- Penggunaan
Teknologi Kekinian.
Memanfaatkan
teknologi untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menarik, seperti
menggunakan presentasi multimedia, aplikasi pendidikan, dan platform e-learning
dan lain-lain.
- Umpan
Balik yang Konstruktif.
Memberikan
umpan balik yang membangun kepada peserta didik untuk membantu mereka memahami
kekuatan dan area yang perlu ditingkatkan.
- Adaptasi
dan fleksibilitas Pengajaran.
Menyesuaikan
metode pengajaran sesuai dengan kebutuhan dan gaya belajar peserta didik, serta
fleksibel dalam menghadapi tantangan yang muncul selama proses pembelajaran.
f.
Komunikatif.
Membangun komunikasi yang baik dengan peserta didik dan orang tua dalam
keterlibatan KBM dan PBM
- Persiapan apa saja yang sudah anda
lakukan untuk membuat pembelajaran di kelas anda berjalan sesuai tujuan?
Beberapa
persiapan yang saya lakukan meliputi:
- Menyiapkan
Alat dan Sumber Daya.
Memastikan
semua alat dan sumber daya yang diperlukan, seperti perangkat teknologi, PC/Laptop,
dan alat peraga dan media ajar, dipastikan siap untuk digunakan.
- Menyusun
Rencana Pelajaran.
Membuat
rencana pelajaran yang terstruktur dengan tujuan pembelajaran yang jelas,
materi yang relevan, dan metode evaluasi yang sesuai.
- Mengembangkan
Materi Ajar.
Menyiapkan
materi ajar yang menarik dan interaktif, termasuk presentasi, video, dan bahan
bacaan yang mendukung.
- Menganalisis
Kebutuhan Peserta didik.
Menganalisis
kebutuhan peserta didik dengan melakukan asesmen awal untuk memahami kebutuhan,
minat, dan gaya belajar peserta didik, sehingga metode pengajaran dapat
disesuaikan.
e.
Merancang Pembelajaran.
Merancang pembelajaran yang bervariasi, seperti diskusi kelompok,
proyek kolaboratif, dan simulasi, agar semua peserta didik terlibat dalam
pembelajaran.
- Siapa saja yang terlibat dalam keberhasilan
proses pembelajaran yang anda lakukan?
Keberhasilan proses pembelajaran melibatkan banyak pihak diantaranya adalah:
a. Guru : Memberikan materi, bimbingan, dan evaluasi kepada peserta
didik.
b. Siswa: Aktif terlibat dalam proses belajar, mengerjakan tugas, dan mengeksplorasi materi,
diskusi kelompok dan berbagi pengetahuan.
c. Orang Tua/Wali: Memberikan dukungan moral dan fasilitas belajar di rumah.
d. Pihak Sekolah: Menyediakan fasilitas dan lingkungan belajar yang kondusif.
- Pengalaman mengajar seperti apa yang
menurut Bapak/ Ibu merupakan pengalaman mengajar yang gagal?
a.
Metode
Pengajaran Tidak Efektif: Jika metode yang digunakan tidak sesuai dengan
karakteristik siswa dan justru menghambat proses pembelajaran.
b.
Masalah
Manajemen Kelas: Ketika guru tidak dapat mengelola kelas dengan baik, sehingga
terjadi kekacauan dan ketidakdisiplinan.
c.
Umpan
Balik Negatif dari Siswa: Jika banyak siswa memberikan umpan balik negatif
tentang cara mengajar atau materi yang disampaikan.
d.
Tidak
Ada Peningkatan atau Kemajuan: Ketika tidak ada perbedaan signifikan dalam
kemampuan siswa sebelum dan sesudah pembelajaran.
- Apa yang menyebabkan kegagalan tersebut?
a.
Kurangnya
Persiapan
b.
Metode
Pengajaran yang Tidak Tepat
c.
Kurangnya
Adaptasi terhadap materi yang diajarkan
d.
Minimnya
Keterlibatan Siswa
e.
Manajemen
Kelas yang Lemah
f.
Tidak
ada umpan balik yang konstruktif dari guru
g.
Masalah
Pribadi atau Kesehatan Guru atau siswa
- Bagaimana sikap Bapak/ Ibu dalam
menyikapi kegagalan tersebut?
a.
Merefleksi
Diri
b.
Evaluasi
Metode Pengajaran
c.
Minta
Masukan dari siswa dan rekan sejawat untuk mendapatkan tentang apa yang bisa
diperbaiki.
d.
Menyesuaikan
pendekatan berdasarkan masukan dan refleksi
e.
Menjaga
semangat dan tidak takut mencoba hal baru untuk memperbaiki proses
pembelajaran.
f.
Pengembangan
Diri dengan mengikuti pelatihan/workshop untuk meningkatkan kompetensi
- Langkah apa yang sudah Bapak/ Ibu lakukan
dalam memperbaiki kegagalan tersebut?
a.
Menyempatkan
waktu untuk merenung dan memahami di mana kesalahan terjadi.
b.
Mengambil
umpan balik masukan dari siswa dan rekan sejawat untuk mendapatkan perspektif
yang berbeda.
c.
Mencoba
berbagai teknik pengajaran baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan siswa.
d.
Meningkatkan
Kompetensi: Mengikuti pelatihan dan seminar untuk memperkaya pengetahuan dan
keterampilan mengajar.
TUGAS 3
Setelah mempelajari video dan
bahan bacaan diatas pada modul 1.2, Bapak/Ibu dapat menjawab pertanyaan
berikut:
- Apa kekuatan saya dalam setiap kompetensi
tersebut?
Kekuatan saya dalam :
a. Kompetensi Pedagogik yaitu pemahaman yang mendalam tentang
strategi pengajaran dan metodologi serta kemampuan untuk mengadaptasi metode
pengajaran sesuai dengan kebutuhan siswa.
b.
Kompetensi
Kepribadian yaitu Integritas, kedewasaan emosional, dan keteladanan.
c.
Kompetensi
Sosial yaitu kemampuan saya
berkomunikasi dan berinteraksi dengan siswa, orang tua, serta rekan sejawat.
d.
Kompetensi
Profesional yaitu penguasaan materi pelajaran serta terus meningkatkan pengetahuan dan keterampilan melalui pembelajaran
profesional berkelanjutan.
- Dimana area yang masih perlu saya kembangkan?
Yang perlu saya kembangkan yaitu di area :
a. Penilaian dan Evaluasi
b. Pengembangan Profesional Berkelanjutan
- Apa peluang pengembangan yang bisa saya
manfaatkan?
Peluang pengembangan yang saya manfaatkan :
a.
Pelatihan
dan Workshop
b.
Kursus
Online
c.
Komunitas
Profesional
d.
Pembelajaran
Kolega
e.
Mentoring
dan Coaching
f.
Pemanfaatan
Teknologi untuk Pendidikan
TUGAS 4. LEMBAR EVALUASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI
Bapak/Ibu silakan untuk mengisi lembar
evaluasi diri terhadap kompetensi !
KATEGORI - KOMPETENSI |
EVALUASI DIRI TERHADAP KOMPETENSI |
Pertanyaan Panduan: 1. Kompetensi apa yang sudah
Bapak/ ibu miliki/lakukan? 2. Kompetensi apa yang perlu
Bapak/ ibu tingkatkan? 3. Apa yang menjadi tantangan
Bapak/ Ibu dalam melakukan kompetensi ini sebelumnya? |
|
PENGEMBANGAN DIRI & ORANG LAIN · Menunjukkan praktik
pengembangan diri berdasarkan kesadaran dan kemauan pribadi. · Mengembangkan kompetensi
warga sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. · Berpartisipasi aktif dalam
jejaring dan organisasi yang relevan dengan kepemimpinan sekolah untuk
mengembangkan karier. · Menunjukkan kematangan
spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode etik |
Kompetensi yang saya miliki : a.
Kompetensi Belajar Mandiri: Saya memiliki
kemampuan untuk mencari sumber belajar dan materi tambahan secara mandiri
tanpa harus bergantung pada orang lain. b.
Kompetensi Adaptasi: Saya mampu menyesuaikan
diri dengan perubahan dan terus beradaptasi dengan kondisi yang baru, baik
dalam metode pengajaran maupun teknologi terbaru. c.
Kompetensi Reflektif: Saya mampu merenungkan
dan menilai kembali pengajaranmu sendiri, menemukan area yang perlu diperbaiki,
dan mengambil langkah untuk memperbaikinya. Kompetensi yang perlu saya
ditingkatkan : a.
Kompetensi Inovatif: Saya harus selalu mencari
cara baru dan kreatif untuk meningkatkan proses pembelajaran dan membuatnya
lebih menarik bagi siswa. b.
Kompetensi Manajemen Waktu: Saya harus mampu
mengatur waktu dengan efektif untuk mengakomodasi berbagai kegiatan
pengembangan diri. Tantangan saya dalam
melakukan kompetensi : a. Waktu: Mengatur waktu di tengah banyaknya tuntutan dan kewajiban pekerjaan. b. Motivasi: Menjaga semangat dan motivasi untuk terus belajar dan berkembang meskipun menghadapi kegagalan atau tantangan lainnya. c. Teknologi: Menguasai teknologi baru bisa menjadi tantangan jika kurang familiar atau minim pelatihan. d. Keseimbangan Hidup: Menyeimbangkan antara pe
kerjaan, pengembangan diri, dan kehidupan pribadi. e. Dukungan: Kurangnya dukungan dari lingkungan, baik
dari institusi, rekan kerja, maupun keluarga. |
KEPEMIMPINAN PEMBELAJARAN · Memimpin upaya pengembangan
lingkungan belajar yang berpusat pada peserta didik · Memimpin perencanaan dan
pelaksanaan proses belajar yang berpusat pada peserta didik. - Memimpin refleksi dan perbaikan kualitas proses belajar yang berpusat
pada peserta didik. - Melibatkan orang tua/wali peserta didik sebagai pendamping dan sumber
belajar di sekolah. |
Kompetensi yang saya miliki dalam : Memimpin Upaya Pengembangan Lingkungan Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Kompetensi Adaptasi b. Kompetensi Inovasi c. Kompetensi Pengelolaan Kelas Memimpin Perencanaan dan Pelaksanaan Proses Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Merancang kurikulum yang fleksibel terhadap kebutuhan peserta didik. b. Menerapkan strategi pengajaran yang bervariasi dan berbasis pada pembelajaran aktif. c. Memanfaatkan alat dan platform digital untuk mendukung proses belajar yang dinamis dan interaktif. Memimpin Refleksi dan Perbaikan Kualitas Proses Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Evaluasi dan Penilaian: Menerapkan berbagai metode penilaian yang memberikan gambaran menyeluruh tentang kemajuan peserta didik. b. Reflektif: merenung dan menganalisis efektivitas metode pengajaran, serta melakukan perbaikan yang diperlukan. c. Kolaboratif: Mengajak rekan sejawat untuk berdiskusi dan berbagi praktik baik dalam mengajar. Melibatkan Orang Tua/Wali Peserta Didik sebagai Pendamping dan Sumber Belajar di Sekolah a. Kompetensi Komunikasi: menjalin komunikasi yang efektif dan terbuka dengan orang tua/wali peserta didik. b. Kompetensi Kolaborasi: Melibatkan orang tua/wali dalam proses pendidikan melalui kegiatan-kegiatan yang mendukung pembelajaran di rumah. Untuk memperkuat kepemimpinan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik, berikut adalah beberapa kompetensi yang mungkin perlu saya
ditingkatkan: Memimpin Upaya Pengembangan Lingkungan Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Kompetensi Inovasi: Mengembangkan lebih banyak ide kreatif dan strategi inovatif untuk menciptakan lingkungan belajar yang dinamis. b. Kompetensi Diferensiasi: Menyediakan pendekatan pembelajaran yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan individu siswa dengan berbagai gaya belajar. Memimpin Perencanaan dan Pelaksanaan Proses Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Kompetensi Desain Instruksional: Meningkatkan keterampilan dalam merancang rencana pembelajaran yang efektif dan menarik. b. Kompetensi Teknologi Pendidikan: Memanfaatkan teknologi baru untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran yang interaktif dan kolaboratif. Memimpin Refleksi dan Perbaikan Kualitas Proses Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Evaluasi Formatif: Mengembangkan metode evaluasi formatif yang lebih beragam untuk memberikan umpan balik yang konstruktif dan membantu perbaikan berkelanjutan. b. Kolaboratif: Meningkatkan kemampuan bekerja sama dengan rekan guru untuk menganalisis dan memperbaiki proses pembelajaran. Melibatkan Orang Tua/Wali Peserta Didik sebagai Pendamping dan Sumber Belajar di Sekolah: a. Komunikasi: Meningkatkan keterampilan komunikasi dengan orang tua/wali untuk membangun hubungan yang lebih kuat dan kolaboratif. b. Kompetensi Partisipasi Komunitas: Mengorganisir lebih banyak kegiatan yang melibatkan orang tua/wali sebagai bagian dari proses pembelajaran siswa. Beberapa tantangan yang dihadapi adalah: Memimpin Upaya Pengembangan Lingkungan Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Beragam Kebutuhan Siswa: mengakomodasi berbagaikebutuhan individu siswa dalam satu kelas bisa sangat menantang. b. Sumber Daya Terbatas: keterbatasan alat bantu atau fasilitas yang memadai. c. Pengelolaan Kelas: menjaga kedisiplinandan
tetap menciptakan suasana yang inklusif dan mendukung. Memimpin Perencanaan dan Pelaksanaan Proses Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Perencanaan yang Menyeluruh b. Penyesuaian Metode Pengajaran c. Integrasi Teknologi Memimpin Refleksi dan Perbaikan Kualitas Proses Belajar yang Berpusat pada Peserta Didik a. Refleksi Kritis: Mampu melakukan refleksi kritis terhadap metode pengajaran dan hasil belajar. b. Kolaborasi dengan Rekan: Menjalin kerja sama yang efektif dengan rekan guru untuk melakukan perbaikan terus-menerus. c. Feedback yang Konstruktif: Memberikan umpan balik yang konstruktif dan membangun, serta mendorong siswa untuk memberikan umpan balik mereka sendiri. Melibatkan Orang Tua/Wali Peserta Didik sebagai Pendamping dan Sumber Belajar di Sekolah a. Komunikasi Efektif: Menjaga komunikasi yang terbuka dan konstruktif dengan orang tua/wali siswa. b. Waktu dan Keterlibatan: Mendorong partisipasi aktif orang tua/wali dalam proses pembelajaran, yang sering kali terhambat oleh keterbatasan waktu atau pemahaman. c. Program Kolaboratif: Mengembangkan program atau kegiatan yang melibatkan orang tua sebagai mitra dalam pendidikan. |
KEPEMIMPINAN MANAJEMEN SEKOLAH -
Mengembangkan dan mewujudkan visi sekolah yang
berorientasi pada peserta didik -
Memimpin dan mengelola program sekolah yang
berdampak pada peserta didik. |
Kompetensi utama yang ditinjau dari kepemimpinan manajemen sekolah: Mengembangkan dan Mewujudkan Visi Sekolah yang Berorientasi pada Peserta Didik Perencanaan Strategis: a.
Mampu merumuskan visi dan misi sekolah yang jelas dan berfokus pada kebutuhan dan perkembangan peserta didik. b.
Mengembangkan rencana jangka panjang dan jangka pendek yang mendukung visi tersebut. Kolaborasi: a.
Melibatkan seluruh pemangku kepentingan (guru,siswa, orang tua, komunitas) dalam proses perencanaan dan pelaksanaan visi sekolah. b.
Membangun hubungan yang kuat dengan komunitas untuk mendukung visi sekolah. Komunikasi: a.
Mampu menyampaikan visi dan misi sekolah dengan jelas dan meyakinkan kepada seluruh pemangku kepentingan. b.
Menyediakan saluran komunikasi yang efektif untuk umpan balik dan diskusi. Memimpin dan Mengelola Program Sekolah yang Berdampak pada Peserta Didik Manajerial: a.
Mampu mengelola sumber daya manusia, keuangan, dan fasilitas sekolah dengan efisien untuk mendukung program-program yang berorientasi pada peserta didik. b.
Mengatur dan mengawasi pelaksanaan program sekolah agar berjalan sesuai dengan rencana. Evaluasi dan Penilaian: a.
Melakukan evaluasi berkala terhadap program-program sekolah untuk menilai dampaknya terhadap peserta didik. b.
Menggunakan data dan bukti untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan program. Inovasi dan Pengembangan Kurikulum: a.
Merancang dan mengimplementasikan kurikulum yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan peserta didik. b. Mengembangkan program-program inovatif yang mendukung pembelajaran holistik dan perkembangan peserta
didik. |
KEPEMIMPINAN PENGEMBANGAN SEKOLAH - Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses
belajar peserta didik dan mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang
relevan - Melibatkan orang tua/wali peserta didik dan masyarakat dalam
pengembangan sekolah |
Memimpin program pengembangan sekolah untuk mengoptimalkan proses belajar peserta didik dan mendukung kebutuhan masyarakat sekitar sekolah yang relevan Perencanaan Strategis: a.
Merumuskan visi dan misi pengembangan sekolah yang jelas, berorientasi pada kebutuhan peserta didik dan masyarakat sekitar. b.
Menyusun rencana strategis dan operasional untuk mencapai tujuan pengembangan tersebut. Manajemen Proyek: a.
Mampu merancang, melaksanakan, dan mengelola proyek-proyek pengembangan sekolah dengan efektif. b.
Memastikan bahwa program pengembangan diimplementasikan dengan baik dan sesuai jadwal. Evaluasi dan Penilaian: a.
Melakukan evaluasi berkala untuk mengukur efektivitas program pengembangan dan dampaknya pada proses belajar peserta didik. b.
Menggunakan data dan bukti untuk membuat penyesuaian dan perbaikan yang diperlukan. Melibatkan Orang Tua/Wali Peserta Didik dan Masyarakatdalam Pengembangan Sekolah Komunikasi: a.
Mampu berkomunikasi dengan efektif dan terbuka dengan orang tua/wali dan masyarakat. b.
Membangun hubungan yang positif dan konstruktif dengan semua pemangku kepentingan. Kolaborasi: a.
Mengajak orang tua/wali dan masyarakat untuk terlibat aktif dalam kegiatan dan program pengembangan sekolah. b.
Mengorganisir kegiatan bersama yang bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat sekitar. |
Bapak/Ibu silakan untuk mengisi lembar kerja
rencana pengembangan kompetensi diri sesuai table isian yang disediakan!
Kategori |
Apa kompetensi yang ingin Anda kembangkan selama 6 bulan ke depan
? |
Apa indikator keberhasilannya (dikatakan berhasil jika….)? |
Apa strategi Anda untuk mencapai kompetensi tersebut ? |
Apa sumber daya/dukungan yang Anda butuhkan ? |
Bagaimana
cara mengatasi faktor penghambat atau tantangan untuk mencapai kompetensi
tersebut ? |
Pengembangan
diri dan orang lain |
Kompetensi Pengembangan
diri : Teknologi,Manajemen Waktu,
Refleksi. Kompetensi Pengembangan Orang
lain : Mentoring dan coaching, Kolaborasi, dan
Pengembangan profesional. |
Kompetensi Pengembangan
diri : Mampu menggunakan
teknologi dalam KBM, target tugasdan waktu KBM tercapai, refleksi secara
rutin dan identifikasi perbaikan secara kontinuitas Pengembangan Orang lain : Peningkatan kompetensi rekan sejawat, peningkatan kerjasama tim,
partisipasi dalam pelatihan |
Strategi saya : Inovasi pembelajaran,
kolaborasi, partisipatif, refleksi terstruktur, strategi pembelajaran
berkelanjutan |
Sumber daya yang dibutuhkan :SDM, Sarana Prasarana, Finasial,
kurikuum yang relevan. Sedangkan dukungan yang dibutuhkan :
dukungan pimpinan, dukungan komunitas sekolah, dukungan pemerintah dan
lembaga, serta dukungan komunitas dan industri. |
Optimalisasi sumber daya yang ada,
pelatihan guru, kerjasama dengan pihak ketiga, komunikasi terbuka bersama
orang ua/wali siswa |
Kepemimpinan
Pelajaran |
Mengembangkan dan menerapkan metode pembelajaran yang inovatif dan kreatif,
meningkatkan kemampuan dalam melakukan evaluasi dan penilaian,
mengembangkan kemampuan refleksi diri,mengembangkan kemampuan
teknologi terbarukan. |
Adanya variasi metode evaluasi
yang digunakan serta akurasi dalam menilai pencapaianPeserta
didik , Peningkatan kemampuan refleksi diri dan implementasi perbaikan berkelanjutan dalam praktik pengajaran,
Peningkatan penggunaan teknologi dalam pembelajaran dan efisiensi proses belajar mengajar. |
Melakukan riset tentang metode pembelajaran inovatif. Menggunakan berbagai bentuk penilaian seperti tes formatif, portofolio, dan proyek.
Tetapkan jadwal Refleksi Rutin. Ikuti kursus online tentang penggunaan teknologi terbarukan. |
SDM : Pelatih/Mentor,
rekan sejawat. Fisik : Sarpras, Ruang
kelas, Lab, Perangkat Teknologi, buku-buku teknologi. Finansial : Anggaran sekolah,
Hibah, Donasi Kurikulum : Materi ajar yang
sudah disusun dengan baik. Sekolah/Institusi: Aturan dan
kebijakan sekolah yang mendukung |
Optimalisasi sumber daya yang ada,
pelatihan guru, kerjasama dengan pihak ketiga, komunikasi terbuka bersama
orang ua/wali siswa |
Kepemimpinan
Manajemen Sekolah |
Kompetensi
manajemen strategis, Pengelolaan Sumber Daya, Kepemimpinan transformasional,
Komunikasi yang efektif. |
Keberhasilan dalam merumuskan dan menerapkan rencana strategis. Efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya. Motivasi dan inspirasi |
Rencana strategi
yang terperinci. Gunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sumber daya sekolah. Terapkan program mentoring dan coaching untuk guru dan staf, dengan tujuan membangun budaya kerja yang mendukung dan inspiratif. |
SDM : Pelatih/Mentor,
rekan sejawat. Fisik : Sarpras, Ruang
kelas, Lab, Perangkat Teknologi, buku-buku teknologi. Finansial : Anggaran sekolah,
Hibah, Donasi Kurikulum : Materi ajar yang
sudah disusun dengan baik. Sekolah/Institusi: Aturan dan
kebijakan sekolah yang mendukung |
Optimalisasi
sumber daya yang ada, pelatihan guru, kerjasama dengan pihak ketiga,
komunikasi terbuka bersama orang ua/wali siswa |
Kepemimpinan
Pengembangan Sekolah |
Kompetensi manajemen strategis,
Pengelolaan Sumber Daya, Kepemimpinan transformasional, Komunikasi yang
efektif. |
Keberhasilan dalam merumuskan dan menerapkan rencana strategis. Efisiensi dan efektivitas penggunaan sumber daya. Motivasi dan inspirasi |
Rencana strategi
yang terperinci. Gunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan sumber daya sekolah. Terapkan program mentoring dan coaching untuk guru dan staf, dengan tujuan membangun budaya kerja yang mendukung dan inspiratif. |
SDM : Pelatih/Mentor,
rekan sejawat. Fisik : Sarpras, Ruang
kelas, Lab, Perangkat Teknologi, buku-buku teknologi. Finansial : Anggaran sekolah,
Hibah, Donasi Kurikulum : Materi ajar yang
sudah disusun dengan baik. Sekolah/Institusi: Aturan dan kebijakan sekolah yang
mendukung |
Optimalisasi sumber daya yang ada,
pelatihan guru, kerjasama dengan pihak ketiga, komunikasi terbuka bersama
orang ua/wali siswa |
Saatnya Bapak/ Ibu
mengimplementasikan pemahaman terkait model kompetensi Guru. Tugas Bapak/ Ibu
adalah mengimplementasikan dalam aksi nyata.
Petunjuk :
Buatlah dokumentasi sederhana
berupa Vlog/ Foto/ Audio/ Tulisan sederhana/ PPT yang menunjukan aksi nyata
Bapak/ Ibu dalam penerapan kompetensi yang di miliki dengan pendekatan Inkuiri
Apresisiatif dalam konteks sebagai seorang pendidik dalam pembelajaran di
kelas/ di sekolah. Tautkan link dokumentasi dan materi aksi nyata pada kolom
berikut ini !
SEKURANGNYA SILAHKAN DIKEMBANGKAN MASING-MASING.
SEKIAN DAN TERIMAKASIH, JANGAN LUPA BERIKAN KOMENTARNYA YAH..
Komentar
Posting Komentar